Cara Daftar Google Analytics dan Mendapatkan ID Untuk Blogger


Google Analytics
Meskipun waktu sudah menunjukan pukul 01:33 dini hari, blog belajar dan berbagi tidak henti-hentinya memberikan informasi-informasi yang bisa anda santap. informasi yang akan saya berikan kepada anda ialah bagaimana caranya memasang id google analytics serta menambahkan kode srcript google analitik ke situs web blogger anda. ya tentunya dengan cara yang tepat, karena disini anda akan dipandu dengan dua buah gambar yang cukup jelas "untuk anda yang benar-benar memahaminya".

Apa itu google analytics?
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui situs wikipedia. Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Wikipedia-https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Analytics
Mengapa saya mengambil sumber informasi dari wikipedia?
Terlepas saya mengambil informasi dari wikipedia adalah karena blog belajar dan berbagi ini, sangat haus akan informasi-informasi yang bermanfaat dan hasil dari saya belajar di wikipedia, maka bisa saya bagikan kepada anda. dan hasilnya tumbuhlah tutorial cara memasang google analytics untuk situs blog anda.

Apa saja langkah-langkah untuk mendapatkan ID Google Analytics?
Karena saya membuat tutorial ini untuk blogger, maka saya menjelaskannnya untuk pengguna blogger saja. dilain blogger maka saya tidak bisa membantu anda. gunakanlah mesin pencari google untuk mencari informasi pemasangan google analytics untuk website tersebut.

Lalu, syarat mutlak untuk mendaftar di google analitik adalah anda harus mempunyai akun gmail serta blogspot. mengenai cara membuat akun gmail dan blogspot tersebut, bisa anda cari di menu CSS search blog belajar dan berbagi tepat diatas postingan judul postingan cara daftar google analytics, dengan kata kunci cara membuat akun gmail dan cara membuat blog di blogspot.

Langsung saja kita pada langkah-langkahnya
Pertama: silahkan anda perhatikan dengan baik langkah-langkahnya dibawah ini

Mendaftar Google Analytics Tahap Ke - 1
Keterangan
Agar memudahkan anda, klik saja gambar diatas

  1. Login ke google analytics 
  2. Setelah anda login, maka silahkan anda klik masuk
  3. Anda akan disuguhkan icon Pendaftaran, silahkan klik pendaftaran
  4. Isikan data-data anda, seperti nama, nama situs "url", lokasi dan sebagainya
  5. Klik dapatkan ID pelacakan
Saya anggap anda sudah menyelesaikan tahap pertama diatas tersebut. lalu kita loncat ke tahap ke dua.

Kedua: Perhatikan kembali gambar dibawah ini

Mendaftar Google Analytics Tahap Ke - 2
Keterangan
Seperti biasa, anda klik gambar diatas untuk memudahkan anda melihatnya
  1. Setelah anda menyelesaikan pendaftaran di tahap pertama tadi, maka anda masuk ke tentang ketentuan layanan google. setelah anda membaca ketentuan tersebut, maka anda diwajibkan untuk mengklik saya setuju
  2. Sediakan notepad untuk menaruh kedua kode tersebut (Id Pelacakan dan Script) copy paste kedua buah kode tersebut di notepad anda
Sampai diatas anda sudah faham? saya yakin, jika anda cermat pasti anda akan faham. kita lanjut ke tahap berikutnya
  1. Buka blog anda, setelan, lainnya, Google Analytics. copy dan paste ID Pelacakan tersebut di kolom id properti blog anda lalu klik simpan setelan
  2. Lalu untuk kode script dari <script> bla bla bla dan bla bla bla </script>, yang anda simpan di notepad tersebut, anda copy dan pastekan di HTML dengan cara (Login ke blog anda, klik template, klik HTML.) jika sudah masuk ke HTML gunakan F3 atau ctrl+f untuk mencari kode <body>. dan letakan kode yang anda copy tersebut tepat dibawah kode <body>. lalu simpan template.
  3. Selesai
Saya rasa penjelasan singkat diatas tersebut, tentang bagaimana caranya menaruh dan mendaftar di google analytics bisa anda fahami dengan jelas. 





Anda Berada di Label Membuat Akun


6 comments:

  1. body di html ane gka da sob , mungkin terhapus, jadi gmana dong mau copas scrip di bawah body

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh diatas kode /body jika tidak ada coba anda taruh diatas kode /head

      Delete
    2. pasti ada bro.. memang tidak harus penulisannya "body", soalnya ada juga yang tulisannya "body ........>" nah yang titik itu biasanya script lagi. cari ujungnya yang tanda ">" itu masih 1 tag koq. terus taruh scriptnya dibawah

      Delete
  2. [share] Buat rekan yang berkenan untuk membaca publikasi online mengenai Google Analytics berbahasa Inggris, dapat menuju link url berikut ini : http://piljatep.web.id/content/e-book-bahasa-inggris-mengenai-google-analytics.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

  3. Mohon masukan untuk saya, jika saya salah dalam merubah dan memasukkan script diatas.

    ReplyDelete
  4. masih mencari kode body itu, kira-kira di baris nomor berapa ya?

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home