Cara Mencegah Pencurian Artikel dari Feedburner


Baru-baru ini saya sempat dibuat jengkel oleh para rampok atau tukang maling artikel yang ada di blog belajar dan berbagi. memang kita sebagai blogger harus saling menghargai tapi tidak untuk si tukang comot artikel orang seenaknya saja. ada beberapa langkah yang anda butuhkan untuk memaksimalkan feedburner agar tidak bisa langsung diembat oleh blogger AGC “Auto Generated Content”. meskipun tidak maksimal, akan tetapi untuk meminimalisir pencurian konten saja. karena percuma kita berkomentar protes di blog AGC, sebab sang pemilik blog agc (RAMPOK/MALING Artikel) ini berpura-pura gila atau tidak melihatnya (Karena mata hati dan mata kepalanya sudah buta) karena tertutup dengan hati yang bernama rakus.

Namanya saja maling, banyak cara yang mereka lakukan, agar konten asli kita berpindah langsung secara otomatis ke blog dia. sebenarnya yang dinyatakan blogger sampah ialah blogger seperti ini. mereka tidak pantas disebut seorang blogger, karena tujuan blogger sendiri ialah menulis, berekpresi melalui tulisannya, meskipun hanya satu atau dua buah paragraf saja dari pada sepuluh paragraf asal mencomot, merampok, maling artikel orang lain.

Sebenarnya hal seperti ini bukan harus dijadikan masalah dan itu benar. akan tetapi, anda sebagai penulis aslinya bisa dinilai oleh robot google sebagai duplikat konten dan google robot tidak menyukai hal duplikat-duplikat seperti itu. apakah anda mau blog nada dinilai duplikat, padahal anda sebagai penulis aslinya? yang membuat lebih parahnya lagi adalah blog anda akan turun refutasinya dimata search engine. lalu blog si pencuri tersebut naik dimata search engine atau di page pertama. saya yakin anda akan geram.

Semoga anda faham dari kalimat diatas yang saya maksud. intinya kita sebagai admin di blog masing-masing harus benar-benar protect blog kita untuk menjaga refutasi blog kita sendiri dan itu sudah lumrah sebagai admin.

Kita melakukan hal seperti ini, bukan berarti kita pelit akan ilmu atau angkuh dan sebagainya, melainkan kita mencegah saja yang namanya duplikat. sekali lagi karena google sangat membenci hal tersebut.

Apakah artikel dari belajar dan berbagi ini asli?
Saya berani menjamin setiap artikel yang saya terbitkan dari halaman ke halaman lain bisa diuji keasliannya tanpa harus full mencuri dari tulisan orang lain. untuk masalah hal tutorial seperti kode-kode html itu beda lagi dan saya juga berani bertaruh tentang tutorial tersebut. karena, setiap namanya tutorial yang selalu saya terbitkan di blog belajar dan berbagi bukan hanya membaca, menerima lalu saya publikasikan begitu saja. melainkan melalui tahap-tahap uji trial dan error terlebih dahulu di blog, ketika saya rasa sudah cukup, maka langsung saya terbitkan, maka dari itu setiap saya meberikan tutorial, selalu saja jelas dan padat (Maaf bukan memuji diri sendiri, melainkan ini memang kenyataannya)

Jika anda masih mengatakan seperti kode-kode tutorial yang ada disini hasil copas, lalu bagaimana dengan blogger-blogger sekaliber (Mas Doyok, Ahmad Khoirul Azmi, Blogernas-Erianto Anas, Maskolis, Kang-Rohman)? jika anda berucap seperti itu pada mereka, saya yakin mereka akan tersinggung dan marah terhadap anda. untuk masalah membahas siapa mereka, silahkan kalian temui di blog/situs mereka masing-masing, karena saat ini yang ingin kita konsumsi adalah mencegah pencurian artikel dari blog agc melalui feedburner.

Bagaimana caranya mencegah pencurian artikel melalui Feedburner?

Sebelum anda memulai, sebaiknya hal-hal yang perlu anda siapkah adalah:

  1. Read More: seperti <span class=”fullpost”> (Jika sudah ada tidak mengapa) jika belum, maka siapkan Readmore pada situs blog anda terlebih dahulu. readmore yang saya maksud seperti blog belajar dan berbagi ini (hanya judulnya saja).
  2. Script Anti Copas: script ini sudah bisa anda dapatkan di blog belajar dan berbagi. script ini juga sangat cocok untuk blog yang memberikan tutorial-tutorial HTML dengan catatan HTML tersebut anda blockquote.

Berikut dibawah ini artikel yang terkait pada point-point diatas tersebut

Artikel terkait:


Jika anda sudah menyiapkan hal seperti diatas, maka mari kita terbang ke paragraf selanjutnya untuk menyulap feedburner hanya judulnya saja yang muncul ketika artikel kita terkirim secara otomatis ke email pelanggan tersebut.

Login ke Feedburner » Masuk melalui akun email blog anda » Klik Nama Anda » Optimize » Summary Burner » Maximum Lenght “0” » Teaser “Hapus” » Save. contoh melalui keterangan gambarnya sebagai berikut

Mencegah Pencurian Artikel dari Feedburner

Setelah anda melihat gambar dan keterangan diatas tersebut, maka masuk ke blog » Buka Daftar Entri » Setelan » Lainnya » Umpan Situs » Izinkan Umpan Blog » Singkat. kurang lebih contoh gambar dibawah ini

Login Ke Blog Untuk Setting Tulisan Menjadi Singkat

Untuk menguji cobanya, silahkan anda berlangganan sendiri di situs anda, dan lihat pada kiriman yang terkirim dari feedburner tersebut atau silahkan anda ketikan di bar addres anda seperti ini http://feeds.feedburner.com/imoul (imoul, ganti dengan addres feedburner anda). mudah bukan?

Tutorial diatas hanya untuk meminimalisir pencurian konten dari blogger AGC saja. tapi, namanya maling tetap saja maling, dia akan tetap mempunyai seribu cara untuk mencuri artikel kita.

Pesan untuk para pencuri dan penebar tutorial pencurian
Terakhir, jika anda mengaku sebagai Blogger Indonesia yang bermartabat atau masih mempunyai harga diri sebaiknya (Stop tentang tutorial-tutorial seperti cara mencuri artikel orang, atau script AGC dan sebagainya). hal tersebut sangat berdosa dan amal keburukan anda akan terus berkembang sampai anda tidak bernafas lagi bahkan terus... terus.. dan terus. semakin banyak orang yang memakai cara yang anda terapkan “Cara Maling Artikel”. maka setiap mereka yang menggunakan tutorial dari anda, itulah sebagai catatan amal keburukan anda sampai kiamat.

Sekian informasi tentang mencegah pencurian artikel melalui feedburner, semoga bisa anda terapkan dengan baik dan berguna untuk kita semua. akhir kata saya ucapkan happy blogging untuk Blogger Indonesia dan Pembaca setanah Air





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


4 comments:

  1. wah nice info gan,,
    masih mending blogger rewite daripada copas :D

    ReplyDelete
  2. nanda @ sepertinya kalo menyebut blogger copas terasa terhormat mas. lebih baik menyebutnya blogger rampok atau maling itu lebih PANTAS untuk mereka

    ReplyDelete
  3. Mksh gan, tutorialnya sangat bagus dan bermanfaat, izin Bookmark ya..
    Buat nanti saya prktekin..

    ReplyDelete
  4. Net HeriTM @ sama-sama, silahkan jika memang bermanfaat mas

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home