Trik Mengembalikan Postingan Blog yang Terhapus


Mimpi buruk bagi seorang blogger pemula seperti belajar dan berbagi jika ada salah satu postingan pada blog secara tidak sengaja terhapus. apalagi postingan tersebut adalah postingan yang mempunyai daya pikat  serta sering dibanjiri oleh komentar. tentu yang ada di perasaan ini bingung, bimbang dan berpikiran seperti mencari jarum dalam jerami (untuk postingan yang sudah mencapai ribuan). tapi jangan takut, kita akan belajar bersama-sama untuk menyulap postingan anda yang menghilang atau secara tidak sengaja terhapus oleh kita maka dengan cepat postingan itu akan ketemu kembali, dengan catatan anda mengetahui secara utuh judul dan url anda. sebelumnya saya pernah juga membahas tentang penyebab blog menghilang dan cara mengatasinya atau judul blog yang tidak muncul di serp, ternyata cara tersebut cukup efektif karena bantuan dari webmaster tools.

Cara mengembalikan postingan blog yang terhapus ini sebenarnya sudah lama sekali, bahkan banyak para blogger senior sudah membahasnya dengan detail.

Mengapa saya juga ikut membahasnya? 
Ya, karena saya rasa tutorial ini sangat bermanfaat untuk kita simak bersama. terlebih jika kita seorang blogger pemula, saya rasa tidak ada salahnya saya publikasikan kembali dengan gaya dan bahasa saya sendiri serta untuk mengatasi kepanikan kita karena postingan tersebut  terhapus.

Apakah saya ikut-ikutan tanpa uji coba?
Saya membuat tutorial seperti ini, bukan hanya sekedar melihat, dan langsung kopi paste (maling trik orang) melainkan sudah melakukan uji cobanya (trial dan error) terlebih dahulu di blog saya yang satunya, dengan cara mengorbankan atau menghapus salah satu postingan saya yang berjudul menulis artikel berkualitas seo dan saya peraktekan langsung, ternyata apa hasilnya? muncul kembali.

Dan bagaimana caranya mengembalikan postingan yang terhapus?

Seperti yang saya katakan di paragraf pertama tadi yaitu anda harus mengetahui judul lengkap atau url lengkap situs anda tersebut. jika sudah faham, maka mari kita terbang ke paragraf selanjutnya untuk melakukan praktek langsung

Buka di addres bar anda google.com » ketikan judul atau url anda di pencarian custom google tersebut » cache » klik judulnya » klik kanan lihat sumber laman » ctrl+f atau f3 » cari postID » save di notepad » buka blog dan salah satu postingan anda » klik edit (judul sembarang) » masukan id yang anda copas tadi » pastekan disebelah post:postID: ID ANDA » Enter » terbitkan postingan anda » selesai. kurang dan lebih seperti ini langkah-langkahnya. jika masih kurang jelas, maka berikut dibawah ini panduan dengan gambar secara detail.

Mengembalikan Postingan Blog yang Terhapus

Keterangan Lanjutan :
Buka pada google, pastekan url blog anda atau judul blog anda yang utuh, maka klik tanda panah yang kebawah tersebut lalu klik kembali cache.

Setelah sampai klik cache, maka blog anda secara otomatis terbuka (mungkin itulah artikel yang anda maksudkan tadi atau judul dan postingan anda menghilang) cara ini juga bisa anda lakukan dengan memanfaatkan cache pada blog, silahkan copy dan paste di Ms Word atau Notpade (Jika anda mau menggunakan cara ini)

Lalu cara selanjutnya jika anda tidak mau mengcopy nya, maka silahkan klik kanan pada cache tersebut, lalu anda klik kembali lihat sumber laman.

Setelah itu, untuk model pencarian artikel anda yang menghilang adalah dengan cara tekan ctrl+f atau F3 di keyboard laptop atau komputer anda, lalu cari kode postID.

Ada dua buah postID (postID Komentar dan postID untuk postingan) maka anda pilih yang mendekati atau hampir sama dengan milik saya yang x26targetPosID\xbla bla postID anda atau postID postingan

Setelah anda menemukan postID tersebut, copy dan paste di notepad, wordpade, atau sejenisnya postID tersebut (yang dari lihat sumber laman atau cache)

Lalu anda buka edit entry pada postingan anda, postingan apapun (bebas) klik edit

Setelah itu anda pastekan postID tersebut di postingan yang anda edit, lalu klik enter (lihat hasilnya) itulah postingan anda yang terhapus

Setelah itu, langsung klik publikasikan.

Selesai

Saya rasa anda sudah memahami bagaimana cara mengembalikan postingan blog yang terhapus tersebut. semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan orang banyak. terima kasih dan happy blogging.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home