Tips sebelum ganti template blogger ala Belajar Berbagi


Kebanyakan para blogger yang baru berkecimpung di dunia blogging yang ada di pikiran mereka selalu ingin gonta-ganti template agar terlihat lebih menarik. menurut saya itu sah saja dan tidak ada larangan untuk mengganti template blog yang dikelolanya, akan tetapi ada baiknya sebelum mengganti template, lebih baik pelajari dulu tips yang sudah banyak dipublikasikan oleh blogger-blogger senior lainnya. sebab dan akibat dan disaat anda mengganti template apakah sangat menggangu seo pada struktur template itu sendiri? itulah sebabnya mengapa saya malas ganti template blog belajar berbagi ini. masalahnya bukan mengganggu seo. akan tetapi, jika saya mengganti template blog, itu sama saja saya merubah taste saya dan secara tidak langsung saya mengusir robot google yang sedang santai di blog saya.

Ada beberapa hal penting sebelum anda merubah template yaitu pelajari terlebih dahulu element pada sebuah template yang akan anda ganti. misalkan disaat anda ingin beralih dari template A ke template B maka yang harus anda lakukan adalah mempelajari tag html, css “style sheet”, js “JavaScript Tag Script”, dan tag lainnya. maka dari hal tersebut terbentuklah elemen satu dalam kesatuan yang disebut xml “extensible markup language”.

Seperti apa template yang seo friendly?

Sampai detik ini saya belum pernah melihat orang yang bisa mengukur kecanggihan template itu sendiri atau bisa mengukur seo atau tidaknya sebuah template. tapi kita hanya bisa merubah template tersebut yang tadinya low menjadi medium atau medium menjadi strong. pada dasarnya itu terletak pada struktur template itu sendiri seperti penambahan meta tag diskripsi, keyword, meta title, tag Heading H1 H2 H3, dan main bar serta sidebar. lebih dari itu anda saya sarankan untuk mengetahui rahasia meta tag google engine agar anda lebih memahami struktur meta tag template yang ada di blog belajar berbagi.

Tag Heading H1 H2 H3
Pada umumnya bawaan defaul blog yang sudah dibuat oleh ahli template blogger ialah H1 (judul blog), H2 (Widget blog) H3 (Judul dan Posting). tapi bagaimana cara kita menyulap agar judul dan postingan kita yang strong di mata google engine. berikut gambaran agar terlihat lebih jelas

Tips sebelum ganti template ala Belajar Berbagi

Apakah anda ingin menyulap template anda seperti keterangan diatas? jika anda ingin menyulap Tag Heading H1 H2 H3 sepertinya sudah saya buatkan tutorialnya dengan judul “Menyusun Tag Heading H1 H2 H3 Blogspot Terlengkap dan Jelas”. anda bisa menemukan judul tersebut dengan menggunakan menu search css diatas blog belajar berbagi ini. salinlah di template yang akan anda ganti tersebut. yang perlu anda ketahui, setiap struktur template dari css rata-rata berbeda, tetapi penerapannya saya rasa sama tergantung dari anda bagaimana menggunakan logika anda untuk mengaturnya agar lebih baik.

Main Bar dan Sidebar
Berbagai macam struktur template dengan tampilan-tampilan yang beragam seperti kolom widget pada posisi atas, bawah, kiri dan kanan. jika template anda ingin lebih simpel dan loadingnya tidak lama, maka silahkan anda hapus saja kolom widget yang tidak perlu, gunakanlah widget-widget yang penting saja. misalkan main bar (main posting/kolom posting) sebelah kiri dari hadapan anda, lalu sidebar widget sebelah kanan dari hadapan anda. mengapa harus demikian? menurut pakar yang pernah saya temui di mesin pencari google dengan judul struktur template yang baik. maka main bar harus disebelah kanan, mengapa demikian? karena google robot membaca dari sebelah kanan terlebih dahulu atau dari kanan ke kiri dan itupun masih menjadi kontroversi, tapi tidak ada salahnya mengikuti cara ini. bagaimana contohnya? silahkan tatap baik-baik blog belajar berbagi di hadapan anda ini. itulah yang disebut main bar dan sidebar yang saya maksud tersebut.

Dari penjelasan diatas saya rasa sudah cukup untuk anda pahami seperti yang anda perlu ketahui tidak ada orang yang bisa mengukur seo atau tidaknya sebuah template, yang bisa membuat template itu strong ialah diri anda sendiri dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang ada. untuk dari itu mari kita terbang ke paragraf selanjutnya untuk mengetahui tips sebelum anda mengganti template pada blogger.

Inilah Tips Sebelum Ganti Template Blog

Dari penjelasan diatas apa yang perlu anda lakukan untuk mengganti template dan apakah perlu memakai jam tertentu agar tidak menggangu?

Sebenarnya waktu dan jam jangan dijadikan alasan untuk anda mengganti template blogger, hanya saja orang dan google bot sedikit terusik atas pergantian template yang anda lakukan untuk dari itu ialah pelajari tipsnya. semoga saja tips ini bisa bermanfaat bila anda terapkan dengan benar.
Sebelum melangkah untuk mengedit template, biasakan menggunakan wordpad “klik kanan pada template tersebut, lalau open with wordpad” lalu paste di notepad save dengan extensi HTML atau XML
Pertama: unduh terlebih dahulu template tersebut. seharunya anda memiliki dua buah blog, karena blog yang satunya ialah blog utama dan satu lagi blog untuk uji coba. dalam melakukan edit atau pergantian template, apload terlebih dahulu template anda di blog dummy (blog kedua/blog bayangan). jika sudah anda apload silahkan lihat hasil dari template tersebut, apakah menarik atau tidak? jika menurut anda menarik, maka yang perlu anda lakukan ialah terbang pada bagian kedua dibawah ini

Kedua: sediakan script-script penunjang template anda seperti meta tag, meta diskripsi, keyword, tag tag heading yang anda anggap perlu. tapi pada umumnya jika anda memilih template yang sudah di design khusus itu sudah ada, maka tidak perlu. jadi yang perlu anda lakukan memasukan meta google verifikasi, alexa verifikasi, markos web jika anda butuh, bing verifikasi, dan meta-meta lainnya yang anda anggap perlu. letakan kode tersebut dibawah kode <head> atau diantaranya, yang terpenting dibawah <head>

Ketiga: setelah anda melakukan seperti pada point kedua, maka silahkan anda apload ke blog bayangan terlebih dahulu untuk melihat perubahan-perubahan. jika anda sudah yakin dan merasa pas dengan template tersebut, maka template yang sudah anda upluad ke blog dummy jangan di copas ke blog utama. karena robot sudah membaca template tersebut di blog dummy anda. perubahan tersebut lakukanlah seperti yang saya kutib diatas.

Setelah anda melakukannya, maka anda juga harus menyiapkan postingan dengan judul (terserah anda) misalkan hari ini saya mengganti template. isilah beberapa paragraf untuk membuat gogle kembali lagi ke blog anda, karena google langsung pergi disaat anda melakukan perubahan template tersebut (Siapkan di notepad untuk judul dan postingan anda). posting dan terbitkan selang satu atau dua menit setelah perubahan, jangan pikirkan yang lain atau show off di media sosial tentang template baru nih gan.

Saya rasa anda sudah memahami hal-hal ini. untuk dari itu apakah cara diatas sudah termasuk tips merubah template blog? iya, sekarang tips lain yang perlu anda ketahui ialah kecepatan laptop anda. dari ram, vga, dan network anda. mengapa harus demikian?

Jika ram anda satu gb dan vga satu gb, maka sangat berat untuk membuka dua buah broser sekaligus, karena setiap saya melakukan hal yang berexperiment dengan template harus mempunyai empat gb untuk ram dan dua gb untuk vga agar bisa lincah bolak dan balik dari mozilla ke google chrome.

Untuk network sendiri saya tidak bisa merekomendasikan anda, karena itu sudah menjadi urusan anda dengan provider. kalau saya pribadi menggunakan jaringan ISP (Internet Service Provider) milik l*nt*s d*t*. itupun belum cukup stabil bagi saya karena perlu saya inject kembali dengan tunnel berdomain .us.

Sepertinya hal diatas tidak perlu anda ikuti, akan tetapi memang iya, jika ingin benar-benar menekuni blogger harus mempunyai Maaf (modal) tapi banyak blogger-blogger lain tanpa modal bisa sukses (sudah banyak contohnya) dan itu jangan anda risaukan dan masukan dihati. modal lah keyakinan dan ketekunan, modem pulsa, untuk membayar provider, untuk sewa warnet,  itulah kunci yang paling utama.

Kurang lebih seperti itulah tips anda untuk merubah template, jika ada tips lain selain yang saya maksud, silahkan anda tambahkan. karena kita tidak luput dari yang namanya belajar dan berbagi.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home