Cara Menulis Artikel dan Judul yang Relevan (Apa itu Relevan)


Dalam kamus besar blog belajar berbagi relevan adalah sebuah kata yang sama, saling berkaitan atau tidak lari dari pembahasan (topik). disini akan saya bahas tentang arti kata membuat judul yang relevan dengan isi postingan blog dan membuat backlink relevan menuju artikel yang memiliki kesamaan. setiap saya terbang dan jungkir balik di blogger papan atas, tidak semua menjelaskan arti dari relevan, saya hanya melihat tulisan paragraf demi paragraf yang berujung kata (buatlah konten yang berkualitas dan relevan). tentu hal seperti ini sangat merontokkan urat syaraf blogger pemula untuk berpikir, tidak efektif (ambigu).

Apa itu relevan dan bagaimana gambarannya

Relevan adalah sebuah hubungan kata yang memiliki kesamaan, saling berkaitan atau bersangkut paut terutama saat kita membuat judul posting pada blog. tentu judul tersebut harus sama dengan isinya saat kita menulis artikel.

Contoh:
Misalkan anda ingin membeli handphone dengan merk A. tapi pembelian tersebut melalui telepon/sms, bukan melalui media-media virtual gambar dan sebagainya (bisa dikatakan itulah yang ingin anda beli). ketika transfer sudah anda lakukan dan memberikan alamat anda, ternyata yang dikirim handphone merk B.

(Apakah ini relevan?)
Tentu tidak relevan , dan dampaknya adalah anda akan merasa kesal dan tidak ingin membeli pada orang itu lagi.

Jika anda memesan handphone A, ternyata yang dikirim benar handphone A. inilah yang dimaksud dengan relevan.

Dampaknya adalah anda dan penjual akan merasa sama-sama puas dan tidak akan pindah langganan karena anda merasa puas.

Begitu juga dengan judul artikel dan pembahasannya, karena saat kita mencari keyword di google, sama saja kita membeli kucing dalam karung. sebab yang ditampikan dalam mesin pencarian google hanya judul dan deskripsi saja.

Misalnya:
Saya membuat judul Apa yang dimaksud dengan Tulisan Berkualitas pada Blog
imoul.blogspot.comKamus Blogging
Apa yang dimaksud dengan Tulisan Berkualitas pada Blog ... sub-sub judul agar mudah difahami dan dapat dipercaya oleh pembaca maksud dari tulisan anda.

Apa yang saya bahas dalam judul tersebut? tentu yang saya bahas adalah mengenai arti dari maksud dari tulisan berkualitas pada blog, bukan membahas tentang usaha tukang bakso atau membuat menu untuk berbuka puasa

Dampaknya untuk pengunjung adalah pengunjung blog akan merasa puas karena pembahasannya benar bukan memberikan berita yang simpang siur

Membangun backlink judul yang relevan

Terkadang kita sering melihat blogger yang terlalu over memberikan link dengan harapan link tersebut akan di klik oleh robot maupun oleh manusia. saking terlalu overnya mereka sampai lupa apakah link tersebut relevan atau tidak itulah blogger t0l0l yang haus dengan link. disini akan saya berikan 2 buah paragraf contoh link yang relevan dan tidak.

Saat kita ingin memulai belajar blogging tentu hal yang diperlukan adalah membuat blog di blogspot untuk membantu kita menuangkan tulisan tersebut agar bisa dibaca oleh orang banyak. tentunya dengan informasi-informasi bermanfaat yang kita sajikan.

Sebelum kita memulai untuk menjadi penulis di blogspot, tentu yang kita butuhkan adalah membuat blog terlebih dahulu, baik di wordpress maupun di blogspot.com.

Di pembahasan paragraf pertama, betul saya menunjukan ke link yang benar-benar membahas tentang panduan membuat blog si blogspot secara berkualitas dan natural. coba anda perhatikan pada paragraf kedua, saya membuat link menuju ke halaman home page untuk pembahasan membuat blog. pasti saya akan mendapatkan kecaman dari pembaca sebagai blogger sakit jiwa dan ngawur.

Sekian informasi singkat tentang cara menulis artikel dan judul yang relevan serta maksud dari relevan itu sendiri. mudah-mudahan informasi ini berguna untuk saya dan anda sebagai pembaca blog belajar berbagi





Anda Berada di Label Kamus Blogging


2 comments:

  1. gan, mau tanya, misalkan blog kita mengangkat tema tentang ILMU KOMPUTER , apakah kalau kita dapat backlink dari blog dengan tema SEO misalkan , apakah itu disebut backlink yang relevan ? jujur saya maish ga ngerti sejauh mana yang disebut relevan itu

    ReplyDelete
  2. sip...hehehe...mantap gan...hal yang kecil tapi mempunyai efek yang besar....sukses terus min

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home