Tehnik Menulis Artikel di Blog yang Benar


Menjadi seorang blogger memang harus dituntut pandai menulis dan merangkai kata. baik itu sebuah artikel tips dan trik, tutorial, tata boga, game, software, komputer dan sebagainya. dan yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana kita mampu menguasai teknik menulis artikel yang berkualitas baik untuk robot google maupun manusia yang mengklik judul anda di mesin pencariannya. artinya tehnik menulis artikel yang akan belajar berbagi sajikan kepada anda ialah tehnik yang mampu bersaing di SERP (Search Engine Result Page) di pencarian google.

Sebelum saya memberikan teknik untuk anda terapkan, sebaiknya pelajari dulu cara posting blog yang mana tutorial ini bisa membantu anda sebagai seorang blogger pemula untuk memulai menulis artikel di blog.

Penulisan artikel memang bukan sembarang memberikan judul lalu tulis dan terbitkan, melainkan menyediakan beberapa referensi untuk sumber ilmu pengetahuan kita yang mana sumber tersebut akan menjadi ladang sebuah ilmu untuk kita mix menjadi sebuah tulisan yang berkualitas.

Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum menulis artikel di blog anda diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sediakan Sumber Referensi untuk Menulis Artikel

Menyediakan referensi untuk menulis artikel memang sangat penting, karena tujuannya adalah untuk merangkum beberapa artikel pilihan yang menurut anda baik atau bisa anda terapkan dan bagikan kepada pembaca lain yang mengunjungi situs blog anda.

Biasanya saya hanya menyediakan 3-5 buah untuk dijadikan sumber referensi yang mana ketiga atau kelima buah judul tersebut akan saya lengkapi.

Misalkan saya ingin membuat judul penyebab trafik blog menurun, maka saya harus mengumpulkan 3 buah judul artikel yang sama.

Url (Judul) Pertama yang saya temukan di mesin pencarian google hanya berisikan informasi yang lengkap, tapi tidak disertai gambar
Url (Judul) Kedua informasi sebagian besar gambar saja
Url (Judul) Ketiga Informasi singkat, padat dan jelas (tapi kurang panjang)

Jadi yang akan saya lakukan kepada tiga buah judul tersebut menjadikannya lebih lengkap serta lebih jelas di postingan saya meskipun judulnya sama.

2. Menyediakan judul postingan blog

Sebelum anda menulis artikel adalah menyediakan beberapa judul yang menurut anda menarik atau sering dicari orang, seperti cara membuat blog di blogspot atau cara mendapatkan pengunjung blog.

Kedua buah judul tersebut sering dicari oleh orang, apalagi orang yang baru ingin memulai dunia blogging dan sedang disibukan dengan optimasi agar blog banyak pengunjungnya.

Mungkin kedua contoh judul diataslah yang bisa anda terapkan. disini akan saya berikan 2 buah bocoran untuk mempersiapkan beberapa judul sebelum anda jadikan sebuah postingan

A. Ubersuggest
Ubersuggest adalah sebuah tools untuk riset beberapa kata kunci yang mana nanti akan anda jadikan sebuah postingan.

Setiap saya kehabisan ide untuk memberikan sebuah judul, maka yang saya lakukan adalah memanfaatkan tools gratisan yang bernama ubersuggest.

Cara menggunakan tools ubersuggest juga sangat mudah, bahkan blogger pemula saja dapat melakukannya.

Contoh:
Teknik Menulis Artikel dengan Ubersuggest

Masukan kata kunci » Web » Indonesia » Klik suggest » proses

Setelah itu banyak sekali kata kunci yang bisa anda jadikan sebuah judul, bahkan judul-judul yang tersedia bisa anda jadikan juga sebagai sub judul jika anda ingin mengembangkannya.

B. LSI "Latent Semantic Indexing"
Selain ubersuggest, menembak keyword dengan LSI juga bisa anda manfaatkan yang mana lsi ini bisa anda temukan di google sendiri ketika awal mengetikan kata kunci dan pada akhir kata kunci yang ditunjukan dengan tulisan "Penelusuran terkait dengan ... ... ..."

Letaknya pada bagian bawah mesin pencarian google.

Contoh:
Tehnik Menulis Artikel dengan Keyword LSI

Cara diatas sama saja dengan ubersugget. jika anda ingin menjadikan LSI Keyword tersebut menjadi sebuah judul, silahkan pilih LSI yang menarik, atau menjadikannya sub-sub judul di dalam sebuah postingan blog anda.

Kesimpulannya adalah buatlah judul yang sering di cari oleh orang.

3. Memberikan Paragraf

Ketika kita menulis artikel, usahakan memberi 4-5 paragraf per judul artikel. karena semakin banyak kata yang terdapat di dalamnya untuk membahas judul tersebut, maka semakin padat keyword yang akan masuk di mesin pencarian google (Padat keyword)

Yang perlu anda hindari ketika saat menulis artikel adalah sebagai berikut:

A. Judul yang isinya satu paragraf saja
Maksudnya adalah judul yang anda tetapkan sudah bagus atau yang sering dicari oleh orang, akan tetapi isinya terdapat satu buah paragraf saja.

Apakah dengan satu buah paragraf saja bisa terindex oleh google?
Bisa, bahkan saya sering melihat hal seperti ini, akan tetapi cara ini tidak akan bertahan lama di mesin pencarian google, karena dinilai tidak memberikan informasi yang jelas.

B. Tidak memberikan paragraf
Meskipun tulisan anda berkualitas tetapi struktur penulisannya tidak baik atau tidak diberikan paragraf sama saja bohong (terabas kongkol).

Jika anda melakukan hal seperti ini, maka tidak akan betah pengunjung yang sudah datang ke blog anda. kalau anda tidak percaya silahkan buktikan sendiri

4. Tidak copy paste (spinning)

Copy paste atau spinning juga tidak baik, karena translate tidak akan utuh dan tidak mudah difahami oleh manusia yang membaca tulisan dari spinning seperti ini.

Kalau anda tidak percaya, silahkan anda membuat translate dari tulisan inggris ke Indonesia.

Contoh:
Cara membuat privasi pada blog, maka tools tersebut memberikan privasi yang berbahasa inggris, ketika anda terjemahkan, maka artinya akan simpang siur (tidak jelas)

Artinya jangan sekali-kali kita menulis artikel dari hasil spinning

Keburukan menjadi seorang blogger copy paste bisa dibagi menjadi dua buah bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Blog tidak akan diterima oleh google adsense
Percuma anda menghabiskan uang banyak untuk bayar provider, mengisi modem yang mana niat anda ingin mendaftarkan blog ke google adsense tapi tulisan anda hasil copy paste.

100% tulisan yang hasil copy paste tidak akan diterima oleh google adsense.

B. Ditinggalkan pengunjung
Untuk apa orang mendatangi blog anda jika sebelumnya mereka sudah pernah membaca artikel yang diterbitkan blogger lain.

Maka pengunjung berpikiran "ah, sepertinya ini pernah saya baca sebelumnya di blog sebelah" sepertinya blog ini menerbitkan artikel yang sama, saya rasa blog ini hanya ingin mencari trafik saja tidak mencari originalitas.

Lambat-laun blog anda akan ditinggalkan oleh orang lain.

Dari keempat cara diatas, apakah sudah anda terapkan di blog anda?

Sekian informasi teknik menulis artikel di blog yang benar. semoga bermanfaat.





Anda Berada di Label Kamus Blogging


2 comments:

  1. Wahhh jadi gitu toh, makasih banget ya (y) blognya keren jdi pengen punya =D

    5 Template Blog Keren Responsive SEO Friendly Terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, silahkan jangan lupa membuat blog dan uruslah blog anda sebaik mungkin

      Delete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Berbagi Home