Penyebab Server Error 502 dan Dampaknya Untuk Blogger


Belajar Berbagi - Hal ini memang sudah saya rasakan sebelumnya ketika detik-detik terjadinya blogger error 502. saat itu saya mencoba membuka blog belajar berbagi melalui Internet Explorer dengan hasil yang tidak memuaskan atau bahasa lainnya ialah tidak merespon seluruh halaman blog saya secara utuh. semua itu bisa saya rasakan pada komentar atau sebagian blog belajar berbagi tertutup dengan icon layar robek di adress bar IE tersebut. hal ini biasa saya lakukan untuk mengecek apakah blog saya bisa diakses dengan sempurna melalui applikasi Internet Explorer.

Penyebab Server Blogger Error

Lalu beberapa menit setelah saya mengecek melalui Internet Explorer, saya mencoba menerbangkan mouse saya ke aplikasi internet yang biasa saya gunakan seperti google chrome dan mozilla untuk mengedit beberapa tampilan di blog belajar berbagi.

Setelah pengeditan selesai dengan hasil yang cukup memuaskan “bagi saya”. saya mencoba untuk menyusun beberapa halaman label pada blog ini agar tertata pada tempatnya “penyesuaian pada label blog”. label a harusnya di b, dan di label b harusnya di c, dan seterusnya. tiba-tiba sebelum pemisahan label selesai, saya merasakan loading blog mengapa begitu lama dari semestinya. saya penasaran dan saya mencoba kembali untuk merubah label tersebut, ternyata masih saja loading yang begitu lama. hingga akhirnya server terputus yang menyebabkan pemberitahuan 502 pada halaman depan blogger.

Saya berpikir sejenak mengapa bisa terjadi demikian. apakah blog saya akan terhapus oleh google atau ini hanya koneksi saya saja yang terputus, sehingga menyebabkan kegagalan dalam jaringan tersebut atau 502 bad request. tapi saya tidak mau berikir negatif terhadap blogger apakah blog terhapus. saya semakin penasaran dan mencoba untuk ping ip, dan hasilnya normal tidak ada masalah di dalam jaringan saya.

Semakin hayut, dan rasa penasaran saya semakin tinggi. saya mencoba untuk mengakali menggunakan server tunnel yang berdomain us (anda tahu kan jika sudah memakai tunnel berdomain us itu kecepatannya luar biasa "kata orang". ternyata benar memang cepat). dan masuk menggunakan id password, dan sedikit setting ke broser, lalu apa yang terjadi? loginlah saya dan berhasil membuat postingan ini.

Hal ini memang sering terjadi dalam dunia internet dikarenakan padatnya lalulintas pengguna yang secara bersamaan dalam mengakses sebuah situs.

Para blogger panik
Tak kalah serunya ialah para blogger yang berada di komunitas Blogger Indonesia Bisa “Facebook” banyak yang menanyakan hal serupa yaitu 502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request. mengapa bisa terjadi, apakah sama antara blogger satu dan blogger yang lainnya. ternyata benar, banyak yang tidak bisa login ke blogger.com

Apa itu 502 dan penyebabnya
Erro 502 ialah indikasi sebuah situs website/server sedang mengalami error. error ini pada umumnya terjadi karena besarnya request yang masuk pada waktu yang bersamaan. seperti yang kita ketahui bahwa blogger ialah situs web gratisan yang bisa digunakan dan diakses oleh siapa saja, baik tua maupun muda semua bisa berselancar di blogger.

Saking padatnya lalu lintas berbagai macam ip yang menerobos blogger pada waktu yang bersamaan, maka terjadilah "502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request”. sebenarnya ini bukan menjadi permasalahan besar bagi para pengguna internet karena bukan terjadi dari perangkat komputer ataupun internet anda. melainkan dari server induk penyedia khususnya disini ialah blogger.

Lalu dampak untuk blogger sendiri?
Dampak untuk blogger sendiri ialah mereka akan mengalami kerugian dikarenakan banyaknya pengguna blog berflatform blogger atau blogspot mempromosikan produk dari Google AdSense di blog mereka. yang dimana rata-rata pengguna blogger mempublikasikan iklan produk google tersebut pada situs-situs berflatform blogspot. entah berapa kerugian yang akan dialami pihak blogger maupun google itu sendiri, kita hanya menunggu kejelasan dari pihak blogger untuk memberitahukan mengapa hal ini bisa terjadi pada postingan blogger nanti.

Setelah saya cari-cari informasi tersebut, tidak ada sama sekali pemberitahuan yang saya dapatkan dari google tentang penyebab server blogger error 502 bad request. hanya berisikan informasi-informasi para blogger yang menulis hal yang mereka alami seperti yang saya alimi 10/04/2016

Apakah anda mengalami hal yang sama dengan saya karena blogger error 502?
Lalu jika hal itu terjadi hal-hal yang lebih dari 502 seperti error not found pada blog apa yang akan anda lakukan di webmaster tools?






Anda Berada di Label Berita Blogger


10 comments:

  1. Saya juga mengalami hal yang sama. Blogger tadi menampilkan "Error 502" pada browser Mozilla Firefox. Tetapi sekarang sudah pulih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap benar server blogger mengalami error hanya 3 jam saja

      Delete
  2. klo blogger tutup kita mau dikemanain.....?(dengan nada histeris) huhuhuhu...

    ReplyDelete
  3. Riza Feri @ hahaha iya mas, makanya bisa posting :D

    Putusujane @ yups bener, IE, Mozilla, GC juga tidak bisa mengakses blogger

    ida sanjaya @ hahahaha ke joomla atau ke wordpress mbk hahahaha

    ReplyDelete
  4. Katanya blog nya sudah pindah kesini ko ga ada soal un smp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa-apaan ya? ini membahas tentang Penyebab Server Error 502 dan Dampaknya Untuk Blogger mbk bukan bocoran soal un (ujian nasional smp)

      Delete
  5. Ternyata tidak hanya saya yang mengalami error ini,, Sempat saya reset semua cookies, history, restart, akan tetapi tidak berhasil,, saya kira blog saya telah di hack..

    Lalu kesimpulannya apa??,, Server blogger di hack??

    ReplyDelete
  6. Suhu @ hahahahah disana saya tidak menjelaskan bahwa blog saya kena hack :)
    silahkan difahami kembali kata2 tersebut mas ..
    untuk kesimpulannya ialah kemarin pada tanggal 10 mei 2016, bahwa seluruh pengguna blogger mengalami error 502 dan sudah saya jelaskan diatas. dari apa yang dimaksud 502, penyebab terjadinya 502 dan sebagainya

    ReplyDelete
  7. kalau penyebab 404 gimana cara mengatasinya ya

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home